Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peperangan Rohani (Part III)

 3. Penyebab Seseorang Terlibat Okultisme.

Rm 1:21-23: "Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau mengucap syukur kepada-Nya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap. Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh. Mereka menggantikan kemuliaan Allah yang tidak fana dengan gambaran yang mirip dengan manusia yang fana, burung-burung, binatang-binatang yang berkaki empat atau binatang-binatang yang menjalar."

ayat diatas menjelaskan bahwa ada orang-orang yang tahu tentang Allah tetapi tidak peduli dengan Allah, justru mereka memuliakan ciptaan dari pada sang Pencipta itu sendiri.

Okultisme

Akhirnya mereka terkurung dalam kebodohan dan penyembahan kepada berhala.

Minggu lalu kita sudah belajar mengenai bentuk-bentuk okultisme, saat ini kita akan melihat, mengapa seseorang dapat terjebak dalam okultisme?

1. Kurangnya pengenalan akan Allah dan kebenaran atau kurang bersungguh hati terhadap Allah.

hal ini dapat menyebabkan seseorang mencari bantuan atau pertolongan dari ilah-ilah lain atau lebih percaya pada hal-hal yang tidak masuk akal dan bertolak belakang dengan firman Tuhan.

Contohnya: Raja Asa pada waktu sakit memilih mencari tabib atau dukun dari pada Allah (2Taw 16:12). Begitu juga dengan Saul ketika dalam kesukaran datang mencari petunjuk kepada arwah.

Padahal Allah akan melimpahkan kekuatan Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia 2Taw 16:9.

2. Perasaan tidak berdaya ditengah Dunia ini.

Manusia menyadari bahwa dirinya terbatas ditengah dunia yang luas dan penuh misteri ini. Ditambah juga berbagai macam permasalahan yang dapat membelit kehidupan. Akhirnya manusia mencari perlindungan atau kekuatan lewat mencari kesaktian, jimat, mantera, ramalan atau penolak bala. Yes 28:15-19.

3. Keinginan untuk Memperoleh hidup aman tenang dan damai.

Orang tunduk pada mitos, takhayul juga pemali-pemali tertentu untuk menghindarkan dirinya atau keluarganya dari hal-hal buruk. 

Mereka mencari kekayaan dan kelimpahan material dengan cara cepat lewat, tenung, pesugihan ataupun penglaris. Kis 16:16, 2Raj 21:1-8. Manasye melakukan pemujaan dewa Baal dan Asyera yang diyakini sebagai dewa kesuburan.

Ada berbagai alasan atau penyebab seseorang terlibat atau terjebak okultisme, apapun itu okultisme adalah tindak yang ditentang oleh Allah. Sebab tindakan okultisme adalah tanda ketidak setiaan terhadap Allah. Okultisme adalah pekerjaan dari si iblis yang memberontak melawan Allah.

Bagaimana agar kita bebas dari jebakan okultisme? Kol 2:6-7

- Menerima Kristus Yesus sebagai Tuhan, artinya Dia adalah Allah diatas segala Allah dan Tuhan diatas segala Tuhan 1Kor 8:5-6.

- Hidup didalam Kristus. Artinya cara kita mengatur kehidupan, Cara kita berperilaku dan cara kita menjalani hidup harus sejalan dengan Kebenaran Kristus. Kol 2:20-23.

- Berakar dan dibangun didalam Kristus, adalah berdiri dengan iman pada Salib Kristus (Kol 2:14-15)
- Bertambah teguh dalam iman
- Melimpah dengan syukur