Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

25 Ayat Firman Tuhan tentang Kenaikan Yesus ke Sorga

 Ayat-ayat Firman Tuhan tentang kenaikan Kristus. Kebenaran Firman Tuhan ini menjadi bukti bahwa Yesus benar-benar telah terangkat naik ke Sorga.

Dia juga berjanji bahwa Ia pergi kesana untuk menyiapkan tempat bagi para pengikut Nya yang setia.

Berikut ini 25 ayat firman Tuhan tentang kenaikan Yesus Kristus ke sorga.

Kenaikan Yesus ke sorga

1. Dalam Injil

Markus 16:19-20 

(TB) Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.

Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

Lukas 24:50-53 

(TB) Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka.

Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. 

Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita. 

Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah. 

Yohanes 3:13 

(TB) Tidak ada seorang pun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.

Yohanes 6:62 

(TB) Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya berada?

2. Dalam Kisah Para Rasul

Kisah Para Rasul 1:9-11 

(TB) Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.

Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,

dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." 

Kisah Para Rasul 7:55 

(TB) Tetapi Stefanus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap ke langit, lalu melihat kemuliaan Allah dan Yesus berdiri di sebelah kanan Allah.

3. Dalam Surat-surat Rasul Paulus

Ayat-ayat berikut berkaitan erat dengan kenaikan Yesus Kristus yang ditandai dengan istilah-istilah seperti duduk disebelah kanan Allah, atau diangkat dalam kemuliaan.

Roma 8:34 

(TB) Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita?

Efesus 1:20 

(TB) yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga, 

Efesus 4:8-10 

(TB) Itulah sebabnya kata nas: "Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan; Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia."  

Bukankah "Ia telah naik" berarti, bahwa Ia juga telah turun ke bagian bumi yang paling bawah? 

Ia yang telah turun, Ia juga yang telah naik jauh lebih tinggi dari pada semua langit, untuk memenuhkan segala sesuatu.

1 Timotius 3:16 

(TB) Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan." 

Kolose 3:1 

(TB) Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. 

4. Surat-surat Rasul Kristus yang Lain

Ibrani 4:14 

(TB) Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita.

Ibrani 12:2 

(TB) Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah. 

Ibrani 1:3 

(TB) Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi, 

1 Petrus 3:22 

(TB) yang duduk di sebelah kanan Allah, setelah Ia naik ke sorga sesudah segala malaikat, kuasa dan kekuatan ditaklukkan kepada-Nya.

Wahyu 3:21 

(TB) Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.

Demikian 25 ayat-ayat Firman Tuhan tentang kenaikan Yesus Kristus. Ayat-ayat tersebut di kutip dari Alkitab Terjemahan Baru (TB).

Baca juga: 9 Ayat Firman Tuhan Pengusir Kekuatiran.

Kiranya kita semakin dikuatkan dalam iman dan pengharapan kita, sementara kita menantikan kedatangan Yesus yang kedua kalinya.