Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Arti Kesetiaan Menurut Alkitab

 Kesetiaan artinya terpercaya, konstan atau menunjukkan iman.

Dalam bahasa Yunani kesetiaan adalah [pistis]. Kata pistis biasanya diartikan sebagai kepercayaan atau iman. Kata pistis ini dalam bahasa Ibrani adalah [emunah] yang berarti memiliki iman. 

Setia

Kata emunah ini juga berarti stabil atau mantap seperti ketika tangan Musa ditopang Harun dan Hur sehingga tidak bergerak sampai matahari terbenam, itulah emunah (Kel 17:12).

Ketika Abram percaya kepada janji Allah bahwa Abram yang selanjutnya namanya disebut Abraham akan memiliki keturunan, maka Allah memperhitungkan iman Abram itu sebagai kebenaran (Kej 15:6). Iman Abram disini adalah [emunah] yang diperhitungkan Allah sebagai kebenaran.

OJB Gen 15:6
"And he believed in Hashem; and He credited [emunah (faith) ] to him as tzedakah (righteousness)."

Abraham percaya kepada janji-janji Allah dan memiliki komitmen yang gigih kepada Allah yang ditunjukkan dalam kehidupannya yang setia. Dia setia menunggu selama dua puluh lima tahun untuk mendapatkan anak yang dijanjikan, dan rela mengorbankannya kepada Tuhan ketika diminta.

Jadi kesetiaan disini dalam arti [emunah] adalah ketabahan dan kemantapan dalam situasi apapun.

 Setia kepada TUHAN menuntut ketabahan dan kemantapan, setia dengan pasangan menuntut ketabahan dan kemantapan, setia dalam pelayanan menuntut ketabahan dan kemantapan, setia dalam tugas dan pekerjaan menuntut ketabahan dan kemantapan, setia dalam hal apapun menuntut ketabahan dan kemantapan, Itulah Kesetiaan.