Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tuhan Adalah Gembala ku

 Mazmur 23:1-5 (TB)
1 Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. 

2 Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; 

3 Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya. 
4 Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku. 

5 Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah. 

6 Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa. 

Domba gembala

Lewat mazmur ini Daud menceritakan perjalanan hidupnya sejak ia menjadi gembala dipadang sampai ia diurapi menjadi raja.

Dan Mazmur ini dipercayai diucapkan Daud ketika ia berada di hutan keret, karena melarikan diri dari Saul yang hendak membunuhnya (1 Sam 22:5).

Hutan keret dikatakan sebagai tempat yang kering seperti tembikar namun meskipun Daud berada ditengah keadaan yang sukar ia dapat berkata;
"Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Bahkan disana juga Tuhan melimpahi dia berkat kekal dan kebaikan dunia yang akan datang (Mzm 23:6).

Tuhan yang memulihkan jiwa-nya yang telah dilelahkan oleh masalah dan pelarian dan ia yakin bahwa ia tidak akan jatuh ketangan musuhnya, sebab Tuhan yang menuntun dia dijalan yang benar (ayat 3, bd 1Sam 23:14).

Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya sebab Engkau besertaku... Ini adalah singgungan akan keadaan Daud ketika ia berada dipadang gurun Zif (1Sam 23:15-18).

Walaupun perjalanan hidupnya tidak selalu mudah tetapi pada akhirnya Allah mengangkat hidupnya dan mengurapinya sebagai raja (ayat 5).

Jadi disini Daud menggambarkan Allah sebagai gembala yang baik yang menuntun, memelihara dan mempermuliakan hidupnya.

Tuhan Yesus juga berkata, "Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya." Yohanes 10:11 (TB) .

Jikalau nyawa saja Ia berikan untuk domba-domba-Nya, apalagi yang kurang? Yesus Kristus telah memberikan hidup-Nya untuk kita, itu adalah pemberian terbesar dan termahal yang seharusnya membuat kita sadar dan bersyukur atas karunia hidup yang Dia berikan.

Jikalau kita telah mengalami kedekatan dengan Tuhan sebagai gembala, maka sesungguhnya takkan kekurangan aku.

Mazmur 23:1 (TB) Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. 

תהלים 23:1 (WLC) 
מִזְמֹורר לְדָוִד יְהוָה רֹעִי לֹא אֶחְסָר׃
(MIZMOR LEDAVID YHVH [DIBACA ADONAI] RO'I LO EKHSAR).

Kata LO EKHSAR (לֹא אֶחְסָר) Oleh KJV diterjemahkan I shall not want (aku tidak akan ingin)

Inilah kehidupan yang benar-benar dipuaskan, kita tidak perlu ingin lagi kecuali kebersamaan dengan Gembala itu sendiri.