Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lakukanlah Didalam Nama Tuhan Yesus

TB Kol 3:17: "Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita."

Rasul Paulus menegaskan kepada Jemaat di Kolose tentang bagaimana hidup oleh Kebangkitan. Bahwa kebangkitan Kristus telah menjadi kebangkitan orang percaya menjadi manusia baru.

Dalam nama Yesus

Jalan hidup manusia baru :
Carilah perkara yang diatas, dimana Kristus ada duduk disebelah kanan Allah (3:1)
Pikirkan perkara yang diatas bukan dibumi.

Selanjutnya ayat 17 ini meringkaskan tentang cara hidup manusia baru.

Segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus...

Ayat ini bukan anjuran untuk mengucapkan kalimat "dalam nama Yesus" setiap kita mau berbicara atau melakukan sesuatu, sehingga kalimat itu menjadi semacam mantra.

Ayat 17 ini sebenarnya sebuah penegasan dari Ams 3:6.

Bahwa dalam segala tindakan kita, kita harus mengakui Tuhan. Apa artinya?
Rm 14:6-9; 1Kor 10:31; Kol 3:23.

Dengan memperhatikan penjelasan ayat-ayat tersebut maka pengertian kita mulai terang.

Yaitu bahwa seluruh tindakan dan seluruh aktifitas kita sehari-hari harus kita lakukan dengan mengakui Tuhan dan melakukan semuanya itu demi kemuliaan nama Tuhan.

Itu termasuk hal-hal sederhana seperti makan minum, berjalan ataupun berbaring, berbicara ataupun bekerja semua harus dilakukan untuk Tuhan (Rm 14:6, Kol 3:23), atau untuk kemuliaan Allah (1Kor 10:31) atau lakukan semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus (Kol 3:17). 

Artinya semua yang kita lakukan haruslah dilakukan demi melayani sang Pencipta kita.

Bagaimana kita bisa melayani Tuhan dengan perkataan? Ketika kita tidak menggunakan perkataan kita untuk fitnah, kata-kata kotor, dusta dan lain sebagainya. 

Tetapi bahkan ketika kita menceritakan hal-hal yang baik ataupun menceritakan Injil kepada sesama harus dengan niat untuk melayani Tuhan kita.

Bagaimana kita bisa melayani Tuhan dengan makan dan minum? Ketika kita tidak makan makanan yang dilarang.

Tetapi bahkan untuk makanan yang diperbolehkan jika kita makan dan minum untuk memuaskan keinginan, maka itu bukanlah memuliakan Allah. 

Tetapi kita harus ingat bahwa kita sedang makan dan minum agar tubuh kita sehat dan kuat untuk kita dapat melayani Tuhan. itu berarti kita harus makan makanan yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Bagaimana kita melayani Tuhan dengan berbaring atau tidur. Jika kita tidur bukan untuk menuruti kemalasan kita seperti kata Amsal 6:9-11). 

Tetapi ketika kita tidur agar dapat memulihkan kebugaran dan kekuatan kita sehingga kita dapat mempelajari firman Tuhan.

Bagaimana melayani Tuhan dengan pekerjaan kita dalam mencari nafkah?
Ketika kita tidak bercita-cita hanya untuk mengumpulkan kekayaan. 

Tetapi kita bekerja untuk dapat menghidupi keluarga kita, untuk membesarkan anak-anak, untuk bersedekah berbuat baik terhadap sesama. Ketika kita bekerja dengan tulus, jujur dan semaksimal mungkin maka kita sesungguhnya sedang melayani Tuhan.

Ketika kita menjalani hidup ini sesuai dengan kebenaran ini, maka sepanjang hari kita baik makan, minum, berbaring ataupun bekerja kita sedang melayani Tuhan. 

Biarlah semua yang kita lakukan hanyalah demi Sorga dan kerajaan Nya yaitu demi melayani Tuhan Yesus juru selamat kita. Kol 3:23.