Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari TUHAN

Hari TUHAN - Setiap hari yang kita lewati adalah kesempatan yang mahal untuk kita terus mempersiapkan kehidupan rohani yang baik. 
Titusdwi

Kalau dunia memandang waktu adalah uang maka orang percaya harus memandang waktu adalah kesempatan. Kesempatan untuk berbalik kepada Tuhan, sebab Hari Tuhan akan datang dan sebelum hari itu datang kita semua harus bersiap.

Firman Tuhan berkata demikian tentang Hari Tuhan itu;
Maleakhi 4:1 (TB) Bahwa sesungguhnya hari itu datang, menyala seperti perapian, maka semua orang gegabah dan setiap orang yang berbuat fasik menjadi seperti jerami dan akan terbakar oleh hari yang datang itu, firman TUHAN semesta alam, sampai tidak ditinggalkannya akar dan cabang mereka. 

Diayat 1: Hari Tuhan datang seperti perapian yang menyala. 

Api memiliki fungsi untuk membakar dan menghancurkan tetapi sekaligus juga memurnikan benda-benda logam. 

Dan pada hari itu orang-orang fasik akan terbakar seperti jerami sedangkan orang-orang yang takut akan Tuhan akan bersinar (ayat. 2).

Sebelum Datang hari yang besar itu maka disetiap masa dan jaman yg berbeda gereja harus dipersiapkan untuk menghadapi hari kedatangan Kristus yang besar itu.


Yohanes pembaptis dipakai pada zamannya untuk melayani dalam roh dan kuasa Elia (Luk 1:16-17). Tujuan dari pelayanan itu adalah untuk menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagiNya.

Yohanes pembaptis mempersiapkan umat untuk kedatangan Kristus yang pertama. 

Sekarang kita ada dimasa penantian kedatangan Kristus yang kedua.
Pelayanan yang kita lakukan adalah menyiapkan Gereja yang layak bagiNya pada kedatangan Kristus yang kedua nanti.

Untuk menjadi umat yang layak bagi Nya:

1. Kita harus berbalik kepada Allah (Luk 1:16). 

Inilah istilah lain dari pertobatan. Pertobatan bukan hanya bagi mereka yang terhilang” di dunia, tetapi juga bagi mereka yang sudah menjadi pengikut Yesus. 

Sebagai orang percaya kita masih bergumul dengan dosa, dan kadang-kadang kita bisa bertahun-tahun terjebak dalam dosa atau kebiasaan yang menghalangi kita menjadi efektif bagi kerajaan Nya.

Tuhan Yesus berkata bahwa akan ada sukacita besar di sorga karena satu orang yg bertobat (Luk 15:7).

Saat kita menyadari apa yang salah dan berkomitmen untuk berubah, Tuhan melompat kegirangan!

Hari dimana kita memutuskan untuk berbalik dan menaati Tuhan adalah hari yang lebih baik dari apapun yang ada di dunia.

Saat kita memilih kehendak Tuhan dan mati untuk keinginan kita, itu adalah momen kebahagiaan bagi Tuhan.

2. Pertobatan harus dimulai dari bapak-bapak Luk 1:17.

Mengapa Bapak yang harus terlebih dahulu bertobat, sebab bapak adalah pemimpin, bapak adalah kepala dalam keluarga. 

Sebagai pemimpin seorang bapak harus dapat menjadi teladan dalam hidup takut akan Tuhan.

Sebagai pemimpin seorang bapak harus dapat menjalankan fungsi pendidik, ia harus bisa membimbing keluarga dan anak-anaknya kepada Allah. 

Pendidikan rohani dan pendidikan karakter ilahi harus terjadi dari dalam keluarga masing-masing.

Sebagai pemimpin seorang bapak harus dapat berfungsi sebagai imam yang mendoakan anak-anaknya. Ia juga harus dapat mengawasi perilaku anak-anaknya apakah sudah hidup dijalan Tuhan atau tidak.

Seorang bapak juga disebut sebagai kepala keluarga. 

Kepala adalah simbol kekuatan. Itulah sebabnya ketika dalam sebuah keluarga bapak rumah tangga sungguh-sungguh takut akan Tuhan dan hidup dalam pertobatan maka seisi rumah tangga akan dapat mengasihi Tuhan, tetapi jika bapak rumah tangga gagal mengasihi Tuhan, besar kemungkinan anak-anak juga akan gagal.

Itulah sebabnya iblis berusaha menghancurkan bapak-bapak rumah tangga sebab kalau orang kuat dalam rumah tangga sudah dapat diikat maka mudah untuk menghancurkan yang lain (Mrk 3:27).

Itulah sebabnya kita semua harus berbalik kepada Tuhan, agar benar-benar dapat menjadi jemaat yang berkenan kepada Allah dan Bapak-bapak harus menjadi yang pertama dalam kegerakan itu. 

Jika Bapak-bapak di pulihkan maka ibu-ibu akan dipulihkan dan sudah pasti anak-anak akan dipulihkan. Berkat Tuhan akan mengalir disana. Pemulihan pasti terjadi.
2Taw 7:13-14.

Jika gereja Tuhan sudah mengalami pemulihan, gereja Tuhan sudah siap menyambut kedatangan Kristus, maka saat Hari itu tiba, Gereja Tuhan akan bersorak-sorai.
Maleakhi 4:2 (TB) Tetapi kamu yang takut akan nama-Ku, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya. Kamu akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak lembu lepas kandang.