Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari Pentakosta

Pentakosta secara harafiah adalah lima puluh. Pentakosta adalah perayaan lima puluh hari setelah paskah, itu adalah satu dari tiga hari raya utama yang ditetapkan Allah bagi umat-Nya (Im 23:15-16; Ul 16:1-17).

Pentakosta, limapuluh


Perayaan itu sudah dirayakan jauh sebelum Yesus dan para rasul pertama merayakannya.

menurut taurat Pentakosta adalah perayaan menandai panen gandum orang-orang Israel akan membawa kurban sajian baru kepada Tuhan (Bil 28:26).

Selanjutnya hari raya Pentakosta juga perayaan menandai pemberian Taurat di gunung Sinai.

Jadi lima puluh hari setelah paskah (pembebasan atau keselamatan) Allah selanjutnya memberikan taurat Nya kepada bangsa Israel itu.

Paskah berbicara tentang keselamatan kita sementara Pentakosta  berbicara tentang tanggung jawab kita.

Pada hari Pentakosta semua orang percaya berkumpul disuatu tempat, dan terjadilah pencurahan Roh Kudus sesuai dengan janji Bapa (Kis 1:4; Kis 2:1-4).

pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta merupakan karunia Allah yang luar biasa bagi orang percaya, sekaligus pemberian tanggung jawab kepada gereja Nya.

tanggung jawab utama gereja atau orang percaya atas pemberian Roh Kudus itu adalah menjadi saksi-saksi Kristus (Kis 1:8).

Roh Kudus diberikan untuk memberi kuasa, kekuatan bagi orang percaya agar dapat menjadi saksi-saksi Kristus.

Setiap kita yang percaya kepada Tuhan Yesus dan telah menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan juru selamat secara pribadi adalah saksi Kristus.

Seorang saksi dituntut untuk menyampaikan kebenaran yang utuh, tidak dikurang dan tidak ditambah, kurang dari itu berarti saksi palsu.

Sebagai saksi Kristus, kita memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan kebenaran Injil. Bahwa Yesus telah mati disalib untuk membebaskan manusia dari dosa sehingga orang yang berdosa dapat selamat dan hidup sebagai manusia baru.

Sebagai saksi Kristus, kesaksian dan hidup kita harus sesuai dengan kebenaran Injil. Sebab saksi Injil harus menyampaikan kebenaran secara utuh.

Kita semua telah menerima pengutusan dari Allah untuk menjadi saksi-Nya (Mat 28:18-20) bd Luk 10:1-3, dan Pentakosta adalah hari peneguhan dari pengutusan itu.

ini adalah tanggung jawab yang berat, itulah sebabnya Tuhan Yesus harus memperlengkapi kita dengan Kuasa Roh Kudus (Luk 24:46-49).

Dia juga akan menyertai kita sampai kesudahan jaman Mat 28:20.

Jadi hari Pentakosta adalah saat pemberian karunia Roh Kudus bagi gereja-Nya, melalui Roh Kudus dicurahkan didalam hidup orang percaya, maka kita semua menerima tanggung jawab sebagai saksi Kristus untuk menyampaikan kebenaran Injil.