Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspada Dosa Menghujat Roh Kudus

Yesus menyebutkan bahwa SEMUA dosa manusia dan semua hujat akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni selama-lamanya (Mrk 3:28-30).

Segala macam hujat bahkan ejekan terhadap Yesus masih dapat diampuni, Tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni.

Dosa kekal, menghujat Roh Kudus


Banyak orang diluar sana yang menghina dan menghujat Yesus, tetapi sesuai perkataan Yesus bahwa semua dosa dan semua hujat manusia akan diampuni tetapi ketika mereka menghujat Roh Kudus maka itu adalah dosa kekal.

Apakah yang Yesus maksudkan dengan menghujat Roh Kudus?

Mengatakan atau berbicara Menentang Roh Kudus (Mat 12:31) 

Matius 12:31-32 (TB) 
31 Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni. 
32 Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datang pun tidak.

Disini termasuk ucapan yang merendahkan Roh Kudus, menghina Roh Kudus, memaki atau mencela Roh Kudus. 

Semua itu bentuk dari menentang, melawan atau menolak pekerjaan Roh Kudus. Luk 12:10.

Jadi menghujat Roh Kudus disini berhubungan dengan ucapan atau perkataan yang merendahkan, menghina, mencela, melawan dan menolak Roh Kudus dan karya-Nya.

Sikap keras kepala, membuat seseorang enggan mendengar dan menanggapi kebenaran. Kis 7:51. Bd Kel 32:9; 33:5.


Bangsa Israel memiliki sifat tegar tengkuk, mereka berkali-kali menolak untuk taat kepada Allah, mereka selalu menentang Roh Kudus. 

Penulis surat Ibrani memperingatkan demikian;
Seperti yang dikatakan Roh Kudus:...(Ibr 3:7-11)
Jika kamu mendengar suara-Nya, jangan keraskan hatimu...

Hal itu juga mengingatkan kita tentang sikap Firaun yang mengeraskan hati sampai akhirnya Allah mengeraskan hatinya.

Pada tulah pertama Firaun berkeras hati (Kel 7:14), tulah kedua Firaun berkeras hati lagi (Kel 8:15), tulah ke tiga Firaun masih berkeras hati (Kel 8:19), tulah keempat Firaun tetap berkeras hati (Kel 8:32), Tulah kelima Firaun masih berkeras hati (Kel 9:7).

Lalu pada tulah keenam Tuhan yang keraskan hati Firaun  (Kel 9:12) maka sejak saat itu Firaun terus berbuat dosa dan berkeras hati sebagai akibat karena hatinya dikeraskan Allah (Kel 10:20, 27).

Jadi Menghujat Roh Kudus Pertama adalah tentang ucapan menghina, mencela atau merendahkan Roh Kudus. Selanjutnya menghujat Roh Kudus adalah sikap keras hati yang terus-menerus mengabaikan dan menolak kebenaran sampai pada titik tertentu hati orang tersebut dikeraskan Allah sehingga tidak mungkin dapat bertobat lagi.

Ibrani 10:29 (TB)
Betapaapa lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas dia, yang menginjak-injak Anak Allah, yang menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan yang menghina Roh kasih karunia?