Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peperangan Rohani (Bagian I)

1. Sumber Kekuatan Rohani
Pembacaan Alkitab:

Dibagian terakhir dari surat efesus ini Rasul Paulus memperingatkan tentang perjuangan yang harus dihadapi oleh setiap orang percaya.

Bagian ini memberitahukan kepada orang yang telah percaya suatu babak baru yang harus mereka hadapi setelah mereka memutuskan untuk hidup didalam Kristus.

Dalam pasal yang ke 2 Rasul Paulus memberitahukan kehidupan mereka waktu masih diluar Kristus, mereka hidup dibawah  penguasa kerajaan angkasa (Ef 2:1-2),

Peperangan, rohani


Namun karena kasih karunia Allah, mereka  itu dibebaskan, diselamatkan oleh iman didalam Kristus. 

Kasih karunia Allah itulah dasar dan kekuatan untuk mereka yang sudah ada didalam Kristus dibaharui untuk dapat menanggalkan manusia lama dan mengenakan manusia baru dan tidak lagi memberi kesempatan kepada Iblis (Ef 4:21-27).

Memberi kesempatan disini maksudnya adalah memberi tempat untuk iblis dapat beroperasi didalam hidup kita. 

Rasul Petrus mengingatkan orang percaya bahwa iblis berjalan keliling seperti singa yang mengaum-aum (1Pet 5:8) bd Luk 4:13; Mat 12:43-45.

Jadi mereka yang sudah ada didalam Kristus dan yang kini memiliki kuasa untuk menjadi manusia baru dan terus hidup sebagai anak-anak terang, mereka ini sekarang ada dalam suatu medan peperangan rohani.

Untuk itu agar kita dapat menang dalam peperangan rohani ini, maka dibutuhkan kekuatan dan perlengkapan senjata rohani.

Kekuatan rohani, kita peroleh didalam Kristus Ef 6:10. 

1. Didalam Kristus berarti didalam apa yang Kristus telah kerjakan bagi kita, ingat Ef 2:4-5 bd 2Tim 2:1

Kasih karunia Allah ini adalah dasar dan sumber kekuatan, disini kita memperoleh otoritas dari Allah. Tanpa otoritas dari Allah kita tidak akan mamiliki kuasa menghadapi peperangan melawan serangan Iblis.

Didalam kasih karunia Allah, iblis telah dibinasakan artinya iblis tidak berkuasa membawa orang percaya kepada maut atau kebinasaan Ibr 2:14-15 bd 2Tim 1:10.

Didalam kasih karunia Allah, pekerjaan-pekerjaan iblis telah dipatahkan 1Yoh 3:8 dan juga melalui darah Anak Domba Allah iblis telah dikalahkan Why 12:10-11.

2. Didalam Kristus berarti didalam persekutuan dan keintiman dengan Kristus Yoh 15:5-7. Itulah sumber kekuatan rohani kita dalam perjuangan melawan kuasa kegelapan.

Efesus 6:18: "dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,"