Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspada Terhadap Nabi-nabi Palsu

Matius 7:15-23 (TB) 15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. 16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? 17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. 18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. 19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. 20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. 21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. 22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? 23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"
Yesus memperingatkan murid-murid Nya atau para pendengar-Nya pada waktu itu untuk waspada terhadap nabi-nabi palsu yang kelihatannya seperti domba, tetapi pada kenyataannya adalah serigala yang buas.

Nabi-nabi palsu

Alkitab beberapa kali memperingatkan orang percaya agar benar-benar waspada terhadap nabi-nabi palsu yang dapat menyesatkan mereka kepada kebinasaan.

• Nabi-nabi palsu atau guru-guru palsu itu memiliki pengajaran yang menarik sehingga orang meninggalkan ajaran yang sehat dan mengikuti mereka (Kis 20:29-31)

• Mereka begitu mengesankan dan tampak begitu rohani dan sangat dekat dengan Tuhan, tetapi sebenarnya motivasi mereka adalah keuntungan duniawi (2Pet 2:1-3)

• Mereka memiliki karisma sehingga banyak yang mengagumi mereka terlebih karunia-karunia yang luar biasa yang diperlihatkan dalam pelayanan (Mrk 13:22-23; Mat 7:21-23) mereka sepertinya orang-orang luarbiasa yang dipakai Tuhan dengan ajaib.

Akan tetapi Tuhan tidak pernah mengenal mereka.

Itulah sebabnya Tuhan Yesus mengingatkan murid-murid Nya untuk melihat buah-buah kehidupannya, bukan pada karunia-karunia yang ada pada seseorang (Mat 7:16-20)

Juga Firman Tuhan mengingatkan jangan percaya akan setiap roh tetapi ujilah roh-roh itu 1Yoh 4:1:
Apakah roh itu dari Allah atau dari dunia ini;
• Roh yang dari Allah pasti mengaku bahwa Yesus telah datang sebagai manusia (1Yoh 4:2-3)
• Roh yang bukan dari Allah hanya fokus kepada hal-hal duniawi (1Yoh 4:4-6)2Tim 4:3;

Peringatan ini tentu harus menjadi alarm bagi kita agar kita;

  • Dapat mengenali nabi-nabi palsu atau guru-guru palsu, sehingga kita tidak tersesat.
  • Jangan mudah terpesona atau heran-heran dengan orang-orang yang berkarunia supranatural, tapi fokuslah berbuah
  • Sebab pada akhirnya yang Tuhan perhitungkan adalah apakah kita menjadi pelaku firman atau tidak, sebab hanya orang yang melakukan kehendak Tuhan yang dikenalNya (Mat 7:21)