Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Yang Pasti Dijawab

TB Mat 7:7-8: "“Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan."

Bicara tentang doa fokusnya bukan hanya tentang meminta kepada Tuhan, tetapi dalam bagian ini Tuhan Yesus secara spesifik membicarakan tentang doa yang berkaitan dengan permintaan.

Dalam bagian ini Lembaga Alkitab Indonesia memberi judul Hal pengabulan doa, tetapi mungkin lebih tepatnya adalah doa yang dijawab.

Doa, dijawab, dikabulkan


1. Mintalah, carilah, ketoklah (ayt 7-8) bermakna;

* Tuhan Yesus memberi suatu kepastian dari doa yang dijawab (ayt 7-8), bahwa setiap doa pasti akan dijawab, walaupun tidak semua permintaan akan dikabulkan (di-iyakan).

Hal itu jelas seperti yang dinyatakan dalam Yak 4:3. Doa yang tidak dikabulkan adalah doa yang salah, karena permintaan itu untuk memuaskan hawa nafsu.

Permintaan yang tidak dikabulkan juga adalah permintaan yang tidak sesuai dengan kehendak Allah 1Yoh 5:14.

Ada doa dan permintaan yang begitu baik dan juga menurut kita bukan untuk memuaskan daging tetapi doa itu tidak dikabulkan, jika hal itu terjadi maka itu adalah bagian dari kasih karunia dimana kuasa Allah akan disempurnakan melalui kelemahan atau doa yang tidak dikabulkan itu (2Kor 12:7-9).

Jadi tidak semua doa akan dikabulkan, tetapi semua doa pasti akan dijawab. 

* Makna berikutnya dari Matius 7:7-8, adalah bahwa doa harus dinaikkan dengan tidak jemu-jemu atau berkesinambungan Luk 18:1-8.

Ketekunan dalam doa adalah bagian dari tindakan iman yang hidup itulah sebabnya dikatakan jika Anak Manusia itu datang adakah Ia mendapati iman di bumi? Artinya masih adakah orang yang mau tekun berdoa dengan tidak jemu-jemu? 

* Makna Matius 7:7-8, adalah bahwa doa tidak bisa dipisahkan dari iman. Iman dalam doa adalah mempercayai Allah yang setia dan murah hati. Imannya tidak goyang walaupun ditengah goncangan dan hatinya tetap bulat tidak mendua Yak 1:5-8.


* Tuhan selalu memberikan apa yang baik buat anak-anak Nya ketika mereka memintanya. Mat 7:9-11.

Hal yang baik itu adalah apa yang kita butuhkan terutama kebutuhan sehari-hari kita, perhatikan frase meminta roti dan ikan (ayt 9-10).Bd Mat 6:11.

Apa yang baik menurut Tuhan adalah Roh Kudus yang akan menolong orang percaya Luk 11:13.

Aplikasi:

Jika jawaban doa adalah pasti, masih ragukan kita datang berdoa kepada Tuhan?

Jika jawaban doa itu pasti, adakah orang-orang yang mau menjadi pendoa syafaat untuk negeri ini, pelayanan misi, keluarga dan lain sebagainya agar mereka mengalami lawatan Allah?