Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Baptisan Proselit

Istilah baptisan sesungguhnya bukan hanya dikenal dikalangan orang Kristen, sebab didalam Yudaisme juga ada pembaptisan.

Pembaptisan Kristen sesungguhnya memiliki akar dari Yudaisme karena sebelumnya Yohanes pembaptis sudah membaptis banyak orang sebelum adanya baptisan Kristen.

Baptisan Kristen sendiri baru ditegaskan oleh Tuhan Yesus dalam amanat agung-Nya (Mat 28:18-20).

Proselit, baptis, mikveh, mikvah

Baptisan Proselit adalah baptisan bagi orang-orang non Yahudi yang akan konversi ke agama Yahudi (Yudaisme).

Kata Proselit berasal dari kata Yunani προσήλυτος - PROSÊLUTOS dan dalam bahasa Inggris proselyte, merupakan gabungan kata προσ - pros (menuju) dan dan ἔρχομαι- EKSOMAI (masuk ke dalam).

Jadi orang Proselit berarti orang yang sudah masuk kedalam Yudaisme. 

Tuhan memberi perintah kepada Musa mengenai hukum paskah, bahwa orang asing tidak boleh makan persembahan domba paskah, kecuali mereka disunat atau masuk kedalam iman orang Israel (Kel 12:43-49). 

Orang asing dalam septuaginta diterjemahkan dengan προσηλυτω - proseluto atau proselit (Kel 12:49).

Dan orang-orang farisi dan ahli-ahli taurat rupanya biasa berdakwah untuk menobatkan orang lain sehingga menjadi penganut agama Yahudi atau menjadi proselit.

Mat 23:15 ITB Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu mengarungi lautan dan menjelajah daratan, untuk mentobatkan satu orang saja menjadi penganut agamamu (προσηλυτον) dan sesudah ia bertobat, kamu menjadikan dia orang neraka, yang dua kali lebih jahat dari pada kamu sendiri.

Didalam Alkitab PL kita dapat menemukan seorang Aram yang dicatat Alkitab melakukan baptisan proselit ini yaitu Naaman (2Raj 5:24).

2Raj 5:14 ITB Maka turunlah ia membenamkan dirinya tujuh kali dalam sungai Yordan, sesuai dengan perkataan abdi Allah itu. Lalu pulihlah tubuhnya kembali seperti tubuh seorang anak dan ia menjadi tahir.

Dalam Septuaginta - LXX Kata "membenamkan diri" menggunakan kata εβαπτισατο - EBAPTISATO suatu bentuk Aorist Middle Indicative - 3 singular. Voice Middle maksudnya adalah dia membaptiskan dirinya sendiri.

Disini Naaman dianggap sebagai seorang proselit setelah dengan kerelaan sendiri menuruti apa yang nabi Elisa perintahkan kepadanya yaitu membenamkan atau membaptis dirinya di sungai Yordan(2Raj 5:14).

Jadi baptisan proselit disini adalah tindakan pembaptisan oleh diri sendiri,  yaitu seseorang yang akan konversi keagama Yahudi.

Berbeda dengan baptisan Yohanes pembaptis dan baptisan Kristen, baptisan Yohanes dilaksanakan oleh Yohanes kepada seorang yang akan dibaptiskan.

Mat 3:6 ITB Lalu sambil mengaku dosanya mereka dibaptis oleh Yohanes di sungai Yordan.

Begitu juga baptisan Kristen harus dilakukan oleh imam atau pendeta kepada orang yang akan dibaptis.

Mat 28:19 ITB Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.

Akan tetapi baptisan proselit tidak ada imam yang membaptiskan, melainkan mereka sendiri yang membenamkan dirinya kedalam air.

Dalam istilah Yahudi disebut mikveh atau ritual permandian, seseorang yang akan masuk dalam mikveh ini biasanya akan didampingi oleh petugas mikveh.

Petugas mikveh akan mengawasi untuk memeriksa bahwa setiap bagian rambut dan tubuh Anda terendam, dan mereka juga ada di sana untuk memastikan keselamatan Anda di dalam air.

Itulah baptisan proselit atau mikveh dalam Yudaisme.

*Dirangkum dari berbagai sumber