Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Roh Kudus Penghibur Dan Penolong

Didalam Injil Yohanes ada beberapa sebutan yang dikenakan pada Roh Kudus yaitu Penghibur, Penolong yang lain dan juga Roh kebenaran.

Roh Kudus, penghibur, penolong yang lain


Ketika berbicara tentang Roh Kudus dan pekerjaan Nya terkadang fokus kita hanya apabila dalam ibadah ada berbagai manifestasi seperti berbahasa roh, rebah dalam roh dan sebagainya.

Roh Kudus sebagai pribadi Allah pekerjaan Nya tidak terbatas hanya dalam pertemuan ibadah sehingga mungkin orang percaya hanya mengalami pekerjaan Roh Kudus pada saat pertemuan ibadah saja, tetapi juga dalam seluruh aspek kehidupan umat Nya Roh Kudus selalu bekerja.

Pertanyaan bagi kita adalah apakah kita dapat mengalami pekerjaan Roh Kudus itu dalam hidup kita sehari-hari? 

Atau sudahkah kita menyerahkan hidup kita setiap hari untuk Roh Kudus bekerja didalam hidup kita?

1. Roh Kudus sebagai Penolong.
Bagaimana kita memahami atau tepatnya bagaimana kita memperlakukan Roh Kudus sebagai Penolong?

Karena Roh Kudus Penolong apakah itu artinya harus menolong melunasi hutang direntenir yang melilit hidup mu? Atau menolong engkau untuk memperoleh kekayaan dengan mudah dll?

Roh Kudus sebagai Penolong adalah untuk menolong orang percaya yang sungguh-sungguh mau menghidupi panggilannya sebagai orang percaya.

Perhatikan Yoh 14:15. 
Janji tentang Roh Kudus sebagai Penolong di katakan Yesus sesudah pernyataan tentang orang yang mengasihi Kristus, akan menuruti segala perintah Nya.

Tuhan tahu bahwa orang percaya tidak mungkin sanggup melakukan segala perintah Tuhan dengan kekuatan sendiri itu sebabnya Roh Kudus diberikan untuk menolong mereka agar mereka dapat hidup dalam kebenaran.

Perhatikan bahwa Roh Kudus akan menyertai orang percaya bukan hanya disamping kiri dan kanan, muka dan belakang tetapi bahkan Ia akan diam didalam orang percaya (Yoh 14:16-17).

Dengan pertolongan Roh Kudus maka orang yang mengasihi Tuhan akan disanggupkan untuk memegang dan melakukan perintah-perintah Tuhan (ayat 21-24)

Sebagai orang percaya kita dipanggil untuk hidup dalam kebenaran, menjadi saksi dengan hidup sebagai terang dan garam dunia.

2. Roh Kudus sebagai Penghibur.
Bagaimana Roh Kudus sebagai Penghibur itu, apakah itu berarti Roh Kudus harus selalu membuat hati kita gembira ketika kita sedih dan menjaga hati kita supaya jangan sampai kecewa?

Roh Kudus sebagai Penghibur dikatakan disini bahwa Ia akan mengajarkan segala sesuatu dan mengingatkan orang percaya akan semua perkataan Tuhan (Yoh 14:26).

Jadi Roh Kudus akan menolong orang percaya untuk mengerti kedalaman firman Tuhan melalui hikmat Nya, itulah cara Roh Kudus memberi Penghiburan. Luk 24:17-32

Dan Roh Kudus memberi Penghiburan dalam perjuangan orang percaya menghidupi firman dan panggilan Nya. Melalui hikmatNya Roh Kudus mengubah dukacita kita menjadi sukacita Yoh 16:20

Roh Kudus akan mengaruniakan hikmat untuk orang percaya dapat kuat dan sanggup mengatasi berbagai pencobaan. Kis 5:28-33, 40-42.

Itulah pekerjaan Roh Kudus yang nampak dalam kehidupan orang percaya. Roh Kudus bekerja dengan aktif setiap hari dalam diri orang percaya bukan hanya pada pertemuan-pertemuan ibadah itu adalah jelas.

jadi apakah kita meminta agar Roh Kudus menolong kita agar kita dapat menghidupi panggilan kita sebagai orang percaya?

Sudahkah kita meminta Roh Kudus menolong kita untuk melakukan kehendak Nya.

Sudahkah kita meminta Roh Kudus untuk mengungkapkan kehendak Nya atas setiap pergumulan kita sehingga kita mendapatkan sukacita ditengah pencobaan?