Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingatlah Isteri Lot? Ada apa Dengan Isteri Lot (Luk 17:32-37)

Disini Yesus menjelaskan tentang keadaan manusia sebelum kedatangan Nya. Yesus mengutip dua zaman yang mirip, yaitu zaman Nuh dan zaman Lot.

Isteri Lot, tiang garam

Keadaan manusia dizaman Nuh sama seperti keadaan manusia dizaman Lot, mereka hidup dalam kesenangan dunia dan mengabaikan kebenaran.

Kemudian Yesus berkata bahwa keadaan manusia diakhir zaman ini sama seperti keadaan manusia dizaman Nuh dan Lot, sebagaimana manusia dizaman Nuh dan Lot hidup hanya untuk kesenangan duniawi dan mengabaikan kebenaran demikian juga kecenderungan hati manusia diakhir zaman.

Lalu Yesus menjadikan isteri Lot sebagai peringatan agar orang percaya tidak terjebak kedalam cara hidup yang sama seperti istri Lot yang menjadi tiang garam.

Lalu Yesus memberi komentar berkaitan dengan istri Lot tersebut; barangsiapa berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya ia akan menyelamatkannya (Luk 17:32-33).

Kisah tentang Lot yang Yesus sebutkan disini, Ia kutip dari Kej 19.

Dalam Kej 19:17 malaikat Tuhan menyuruh Lot lari dan selamatkan nyawanya dan jangan menoleh kebelakang.

Jadi malaikat Tuhan itu meminta Lot untuk meninggalkan semua hartanya sama sekali dan berlari menyelamatkan nyawanya. Hal ini menggambarkan keadaan yang sangat mendesak sehingga mereka harus berlari.

Namun isteri Lot menoleh kebelakang dan menjadi tiang garam. Hal ini mengindikasikan bahwa hati Lot masih melekat dengan hartanya sekaligus tidak taat kepada arahan malaikat Tuhan itu.

Isteri Lot belum rela meninggalkan semua hartanya yang menjadi kesenangannya.

Itulah sebabnya hal ini diangkat Yesus menjadi peringatan bagi semua orang percaya diakhir zaman ini.

Bahwa setiap orang yang ingin selamat ia harus kehilangan nyawanya, tetapi orang yang berusaha memelihara nyawanya akan kehilangan nyawanya (hidup kekal).

Pertanyaan untuk kita renungkan; apa kita masih terikat dengan dunia ini dan kesenangan-kesenangan duniawi? Sehingga kita belum rela hidup dalam hidup yang baru.

Ingatlah bahwa semua harta dunia dan segala kesenangannya akan binasa seperti sodom dan gomora. 

Itulah sebabnya Alkitab memperingatkan demikian (1Yoh 2:15-17). Jangan mengasihi dunia ini serta segala yang ada didalamnya.

Jadi peringatan Yesus untuk mengingat akan isteri Lot:

1. Peringatan Yesus kepada semua orang Kristen agar jangan terikat dengan harta duniawi.

2. Jangan meremehkan firman dan hidup dalam dosa, tetapi segeralah bertobat dan responi anugerah keselamatan.

3. Jangan mengasihi dunia dan segala yang ada didalamnya. Dunia yang dimaksud adalah kehidupan yang jauh dari persekutuan dengan Tuhan.