Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kuasa Kebangkitan Kristus

Kebangkitan Kristus adalah peristiwa yang begitu dahsyat yang dicatat didalam Alkitab. Peristiwa itu adalah berita yang sangat penting dalam pemberitaan Injil (1Kor 15:3-4).

Kebangkitan Kristus tidak dapat dipisahkan dari kematian Nya, sebab tidak akan ada kebangkitan tanpa kematian, sehingga bicara kebangkitan Kristus tidak lepas juga dari kematian Nya.

Kebangkitan Kristus, kebangkitan Yesus, salib

Kebangkitan Kristus adalah kemenangan atas maut, Kis 2:24. Ini bukan hanya kemenangan Kristus, tetapi juga bagi setiap orang yang ada didalam Kristus. 1Kor 15:21-22. Bd 1Kor 15:55-57.

Dan sesudah kebangkitan Nya, Kristus tidak mati lagi tetapi hidup selamanya sebab maut tidak berkuasa atas tubuhNya, Rm 6:9.

Bagaimana agar kita mengalami kuasa kebangkitan Kristus?

• Kita harus menjadi satu dengan kematian Kristus Rm 6:4. 

Ketika kita menjadi satu dengan kematian Kristus maka, manusia lama kita juga telah turut disalibkan, sehingga kodrat dosa yang memimpin kepada maut itu hilang kuasanya.(Rm 6:6).

Bagaimana menjadi satu dengan kematian Kristus?

• Dibaptis didalam Kristus
Baptisan adalah penyatuan diri kita dengan kematian Kristus, Rm 6:3-4.

Melalui baptisan kita turut dikuburkan bersama-sama dengan Kristus dan Sebagaimana Kristus bangkit dari kematian maka kitapun akan hidup dalam hidup yang baru.

Itulah kuasa kebangkitan Kristus yang membawa kita kepada kehidupan yang baru.

Hidup yang baru adalah:

1. Hidup yang sesungguhnya, itulah hidup yang kekal itu. Hidup yang kekal berarti hidup yang tidak dapat dikuasai oleh maut dan hidup yang tidak dapat dikuasai oleh dosa lagi. (Rm 6:20-22)Bd 1Kor 15
:17-18.
Karena hidup yang baru adalah hidup yang tidak dikuasai oleh maut maka orang-orang yang mati didalam Tuhan akan dibangkitkan dalam tubuh kemuliaan yang tidak dapat mati lagi.1Kor 15:44-45.

2. Hidup yang bernatur Ilahi.
Dikatakan bernatur Ilahi karena hidup yang baru itu datangnya dari Allah sehingga didalamnya terkandung benih ilahi (1Yoh 3:9)

Benih Ilahi adalah watak atau pembawaan yang bersifat ilahi. Hal ini yang memungkinkan seseorang untuk hidup dalam kebenaran.

Selanjutnya benih ilahi ini juga yang memungkinkan seseorang untuk hidup dalam sifat dan karakter Allah 2Pet 1:3-4.

Itulah kuasa kebangkitan Kristus