Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dipakai Oleh Tuhan

TB Mat 4:18: "Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan."

 

Yesus memanggil murid-murid yang pertama. Dan untuk memperoleh murid, Ia pergi berjalan-jalan di tepi danau Galilea. Disana Yesus melihat dua orang nelayan yaitu Simon Petrus dan Andreas. 

Murid Yesus, murid Kristus



Selanjutnya Yesus bertemu juga dengan Yakobus dan Yohanes mereka ini adalah murid-murid yang pertama yang dipanggil Yesus.

Murid-murid Yesus ini adalah orang-orang yang dipersiapkan untuk melakukan Pelayanan. 

Apa yang membuat mereka ini dipakai Tuhan? Apakah karena kepintaran dan kehebatan mereka? Kalau Yesus mau mencari orang pintar dan berpendidikan maka Ia akan pergi ke Yerusalem disana pasti banyak orang pintar, tapi Yesus justru pergi ke danau Galilea. 


Kalau demikian apa yang membuat mereka dipilih dan dipakai Tuhan?

1. Orang-orang biasa yang taat.

Mereka bukan orang elit secara sosial, mereka juga bukan orang yang berpendidikan tinggi, mereka adalah seorang nelayan tapi mereka adalah orang-orang yang taat. ayat 18-20.

Ketaatan mereka juga nampak ketika Yesus menyuruh menebarkan jala disiang hari, Luk 5:4-6; Mat 17:27.

Mereka bukan hanya taat tapi mereka juga orang-orang yang masih polos.

Karena keadaan mereka yang rendah itulah yang membuat mereka tidak berani membanggakan diri, sebab mereka sadar bukan siapa-siapa. 

Namun justru orang-orang sederhana yang rendah hati dan taat ini yang menarik bagi Tuhan, Bd 1Kor 1:26-29.

2. Orang-orang rajin yang bersedia dibentuk dan diajar.


Ketika mereka dipanggil Yesus, mereka semua sedang bekerja, mereka adalah orang-orang yang rajin. Namun ketika mereka dipanggil untuk dibentuk dan dijadikan penjala manusia mereka siap dan taat. Mat 4:19-20.

Banyak orang rajin juga mungkin berpendidikan namun tidak banyak yang bersedia untuk dibentuk dan diajar. 

Di Yerusalem tentu banyak orang-orang berpendidikan, ahli-ahli taurat tetapi apakah kira-kira mereka mau dibentuk dan diajar oleh Rabbi Yesus orang Galilea yang tidak diperhitungkan.

Murid-murid Yesus ini semua adalah orang-orang yang rajin dan mereka adalah orang-orang yang bersedia dibentuk dan diajar oleh Yesus. Yes 50:4.

3. Mereka adalah orang-orang yang terbiasa menghadapi kesukaran dan bahaya.


Bekerja sebagai nelayan pada waktu itu adalah perkerjaan yang banyak resiko. Perahu-perahu mereka pasti tidak sebaik perahu nelayan hari ini.

Mereka melakukan pekerjaan dimalam hari ditengah perairan yang dalam, namun mereka sudah terbiasa dengan ketidak nyamanan.

Banyak orang mau melayani dan ingin dipakai Tuhan tapi tidak mau meninggalkan zona nyaman. Mereka tidak bersedia menghadapi resiko dan ketidak nyamanan dalam pelayanan, bagaimana Tuhan mau pakai?

Orang yang mau dipakai Tuhan adalah orang-orang yang punya mentalitas seorang pelayan. 

Mentalitas seorang pelayan itu adalah: 2Kor 6:4-10.
• Tabah dan sabar dalam semua penderitaan

Jadi ketika kita rindu dipakai Tuhan kita tidak bisa stag atau tidak bertumbuh, tetapi kita harus bergerak dan diperlengkapi.

Hal itu akan disertai dengan ketidak nyamanan namun itu juga kembali kepada pilihan seseorang. 2Tim 2:20.