Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerjakan keselamatan mu dengan Takut dan Gentar | Soteriologi 3

Kerjakan keselamatan mu dengan Takut dan Gentar-Kita telah belajar bahwa karena kasih karunia kita diselamatkan oleh iman.

Kasih karunia adalah pemberian Allah tanpa memandang kelayakan pihak si penerima.

Soteriologi

Jadi karena kasih Allah yang begitu besar kepada manusia maka Ia menyelamatkan manusia tanpa memandang kelayakan manusia itu asal mereka mau percaya kepada Yesus.


Diselamatkan berarti dihidupkan kembali dalam hidup yang baru atau dipulihkan kepada gambar dan rupa Allah.

diselamatkan juga berarti dikembalikan pada hubungan yang harmonis dengan Allah.

Sekarang setelah kita diselamatkan karena kasih karunia maka Alkitab mendorong orang percaya untuk mengerjakan keselamatan. Flp 2:12. 

Ini adalah keharusan bukan opsional atau pilihan.

Kekristenan bukan tentang mencari keselamatan tetapi bagaimana mengerjakan keselamatan itu.

Apa yang dimaksud mengerjakan keselamatan disini?

Mengerjakan keselamatan berarti hidup sepadan dengan Injil Kristus. Flp 1:27.

Itu berarti tentang bagaimana merubah cara hidup dan cara berpikir kita agar sesuai dengan standar hidup kerajaan Allah.

Seperti Musa yang diambil dari sungai Nil oleh putri firaun kemudian dibesarkan dalam kerajaan dan dididik dalam segala hikmat orang Mesir sehingga ia mengerti nilai-nilai hidup di kerajaan Mesir. Kis 7:21-22.

Demikian pula ketika Allah menyelamatkan kita, Dia mengajar dan mendidik hidup kita oleh Roh Kudus dan firman Nya dan juga kejadian hidup sehari-hari. Tujuannya adalah untuk menanamkan nilai-nilai kerajaan sorga dan menanamkan karakter Ilahi dalam diri anak-anak Nya.

Kata "hidup" dalam ayat 27 ini dalam bahasa Yunani dipakai kata πολιτεύεσθε : politeuesthe, bentuk Present Imperative Middle yang memiliki arti berperilaku sebagai warga negara. Flp 3:20.

Secara ringkas mengerjakan keselamatan adalah proses dan usaha kita untuk mengenakan manusia baru sebagai warga kerajaan sorga. Ef 4:23-24.

Setiap hari yang Tuhan berikan kepada kita merupakan kesempatan untuk kita mengerjakan keselamatan.