Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemenangan Didalam Kristus

Kemenangan Didalam Kristus – Setiap orang tidak ingin kalah dalam hidupnya. Semua orang ingin menang dan kemenangan selalu membawa kepada kegembiraan.

Lebih dari pemenang

Ketika tim sepak bola yang kita jagokan menang bertanding kitapun turut bergembira dan merasakan kemenangan itu. Kemenangan mereka menjadi kemenangan kita juga bukan?

Rasul Paulus mengingatkan orang percaya bahwa mereka adalah orang-orang yang telah menang oleh karena Kristus telah mengalahkan maut.

Maut adalah musuh yang paling ditakuti oleh manusia, tetapi kematian dan kebangkitan Yesus adalah bukti kemenangan Nya atas maut. 1Kor 15:55; Ibr 2:14-15. 

Kalau Allah telah memberikan kemenangan kepada kita itu berarti:

  • Kita punya pengharapan yang pasti akan hidup yang kekal (Rm 8:33-34)
  • ​Kita punya kepastian keselamatan kita (Ibr 6:18-20)
  • Kita punya segala sesuatu bersama dengan Kristus (Rm 8:32)

​itulah sebabnya dikatakan bahwa kita lebih dari pada orang-orang yang menang (Rm 8:37). 

Kemenangan kita bukan hasil dari usaha kita tetapi berasal dari kemenangan Kristus. Yesus yang menderita di kayu salib, Dia yang mati demi kita semua. 
Jika Kristus telah memberikan kemenangan kepada kita lalu bagaimana kita seharusnya menjalani kehidupan kita sehari-hari?

1. Berdirilah Teguh Jangan Goyah


Masalah dan penderitaan mungkin akan kita temui dalam pengiringan kita kepada Tuhan. Kita juga masih akan bergumul dalam kehidupan ini karena kita masih berada didalam dunia ini.

Itulah sebabnya dikatakan berdirilah teguh jangan goyah (1Kor 15:58).  

Tetapi sebagai orang yang telah menang kita pasti dapat menanggung semuanya itu, karena Allah yang telah mengaruniakan kemenangan kepada kita bukanlah Allah yang jauh, tetapi Dia turut merasakan kelemahan-kelemahan kita.

Allah ada dalam penderitaan kita, Allah ada dalam masalah dan pergumulan yang kita hadapi. Ia bukan hanya tahu masalah dan pergumulan kita tetapi Ia ikut menderita dan bergumul bersama kita. Ibr 4:15.

2. Giatlah Selalu Dalam Pekerjaan Tuhan (1Kor 15:58b)


Masalah boleh datang, kesulitan dan penderitaan boleh saja menimpa kita tetapi itu jangan menjadi alasan untuk kita tidak melayani Tuhan. Ingatlah bahwa kita adalah orang yang sudah menang.

Pekerjaan Tuhan terbentang luas dimanapun, Tuhan memanggil kita semua untuk giat didalamnya.

  • Pekerjaan Tuhan dalam pengudusan tiap-tiap pribadi. Kita harus giat dalam proses pengudusan itu dengan mengambil bagian kita dalam menjaga kekudusan . (2Kor 7:1). 
  • Pekerjaan Tuhan dalam pelebaran Injil Kristus 1Kor 16:10. 
  • Pekerjaan Tuhan meliputi segala sesuatu yang dilakukan untuk Tuhan. Kol 3:17, 23.
Jadi segala sesuatu yang kita lakukan untuk Tuhan itulah pekerjaan Tuhan.

Akhirnya segala jerih payah kita dalam Tuhan tidak akan pernah sia-sia. Itulah hidup yang berkemenangan. 1Kor 15:58c, Gal 6:9. Ibr 6:10.