Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sheol Dunia Orang Mati

Sheol Dunia Orang Mati–Orang-orang di Perjanjian Lama memiliki keyakinan bahwa seseorang yang sudah mati mereka akan berkumpul di suatu tempat yang bernama Sheol atau dalam Alkitab terjemahan baru diterjemahkan sebagai dunia orang mati.
Sheol
Sheol ini merupakan bahasa Ibrani yang artinya ada beberapa yaitu:
Neraka (hell), lubang atau ruang bawah tanah, suatu tempat yang membuat tidak dapat kembali.

Dari beberapa arti kata Sheol ini kita dapat memperoleh sedikit gambaran tentang dunia orang mati itu.

Sheol atau dunia orang mati adalah sebuah tempat yang dipercayai oleh orang-orang di PL sebagai terletak di bagian bawah bumi atau tempat yang membuat mereka tidak dapat kembali bila sudah masuk kedalam tempat itu. 

Hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh Ayub;

Ayub 16:22 (TB) 
Karenaa sedikit jumlah tahun yang akan datang, dan aku akan menempuh jalan, dari mana aku tak akan kembali lagi. 
(Bandingkan dengan Ayub 7:9).

Didalam PL kita tidak mendapati adanya pembedaan tempat bagi orang yang sudah mati, yaitu antara orang yang benar dan orang yang berdosa. 

Baik orang benar maupun orang berdosa ketika mati mereka sama-sama masuk kedalam Sheol tersebut (Bil 16:30,33, Mzm 89:49)

Namun bagi orang benar, mereka tidak akan selamanya berada disana sebab Tuhan akan menebus mereka. Seperti dikatakan dalam ayat berikut ini;

Efesus 4:8 (TB) 
Itulahh sebabnya kata nas: "Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan; Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia."  

Jadi Sheol atau dunia orang mati adalah tempat bagi semua roh manusia setelah mati. Baik itu roh dari manusia yang benar dan setia juga roh dari mereka yang tidak benar dan tidak setia.