Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pendalaman Alkitab Dengan Mudah dan Menyenangkan

Cara Pendalaman Alkitab dengan mudah dan menyenangkan – Alkitab adalah buku yang luar biasa sebab Alkitab adalah firman Allah. Melalui Alkitab kita beroleh jalan bagaimana manusia dapat terhubung dengan Tuhan sang pencipta.
Pendalaman Alkitab
Aplikasi android Alkitab SABDA
Untuk dapat mengerti Alkitab dengan baik dibutuhkan penggalian atau pendalaman, sehingga pesan dari penulis Alkitab pada waktu itu dapat kita mengerti dan terapkan dalam konteks kita hari ini.

Berikut ini kita akan belajar metode pendalaman Alkitab yang mudah dan menyenangkan, sehingga kita semua dapat melakukannya secara pribadi atau dalam kelompok PA (Pendalaman Alkitab).

Metode Pendalaman Alkitab yang akan kita pakai disebut dengan metode S.A.B.D.A. ini adalah sebuah akronim.

S:Simak


Langkah pertama dalam pendalam Alkitab adalah simak. Maksudnya kita perlu membaca bagian teks Alkitab yang akan kita pelajari secara berulang-ulang. 

Untuk mendapatkan pengertian yang lebih baik tentang bagian teks yang sedang kita baca, kita bisa membaca teks Alkitab itu dalam berbagai versi yang lain. Kita bisa menggunakan Alkitab SABDA. app. 

Sehingga kita bisa mengerti dan semakin jelas; mengapa, siapa, dimana dan apa yang terjadi dalam teks tersebut.

A:Analisa


Setelah kita membaca secara berulang-ulang bagian teks yang akan kita pelajari, selanjutnya kita adakan analisa teks tersebut.

Teliti dan amati kata-kata penting, kata-kata sulit, atau kata-kata yang diulang-ulang. 

Selanjutnya lihat bagaimana latar belakangnya (tokoh, tempat atau peristiwa) dari teks yang kita pelajari.

Alat-alat yang dapat kita gunakan untuk melakukan hal itu adalah kamus Alkitab, Pengantar Alkitab, Ensiklopedi Alkitab, tafsiran Alkitab dan lain-lain.

Atau dijaman digital sekarang ini kita dapat menemukan berbagai aplikasi android yang sangat baik untuk menunjang pendalaman Alkitab kita seperti: Alkipedia, Tafsiran, Kamus Alkitab, Peta.app. SABDA yang semuanya itu telah terintegrasi dalam aplikasi Alkitab android SABDA kita tinggal mengunduhnya.

B:Belajar


Pelajari temuan-temuan dari hasil baca/simak dan analisa. Dengan pertolongan Roh Kudus simpulkan pelajaran apa yang Tuhan ajarkan lewat teks Alkitab tersebut.

Simpan didalam hati pelajaran yang kita dapatkan dari hasil penggalian kita tadi agar berakar, bertumbuh dan berbuah.

Lalu catatlah hasil belajar kita dalam buku catatan kita atau dalam catatan yang terdapat dalam aplikasi Alkitab android SABDA.


Atau kalau kita ingin catatan kita lebih aman dan langsung tersimpan kita bisa menggunakan aplikasi notepad seperti Evernote atau catatan keep.

D:Doa+Diskusi


Berdoalah agar apa yang sudah kita pelajari dapat menerangi hati dan pikiran kita, sehingga hidup kita diubah dan kita dapat hidup sesuai dengan kehendakNya.

Jika kita melakukan Pendalaman Alkitab (PA) dalam suatu kelompok diskusikan hasil temuan dan studi kita, hal ini juga akan membantu kita dalam mengingat dan mendapatkan wawasan yang lebih lengkap dari teman kelompok kita yang lain.

Atau kita juga dapat membagikannya melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Watshap, Telegram dan lain-lain.

A:Aplikasi


Sekarang adalah saatnya untuk menerapkan dan melakukan. Dengan rendah hati lakukanlah apa yang Tuhan telah nyatakan dan ajarkan melalui teks Alkitab yang telah kita pelajari.

Sehingga kehendak Tuhan tergenapi dan terlaksana melalui hidup kita di dunia ini.

Sebab itulah tujuan dan sasaran dari kita melakukan pendalaman Alkitab agar kita mengerti kehendak Tuhan bagi hidup kita dan melakukannya.

Demikianlah metode atau cara Pendalaman Alkitab yang mudah dan menyenangkan. Kiranya kita semakin giat dan senang membaca dan mendalami Alkitab.
Ayo PA!

Sumber: ayo-pa.org