Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Fakta Mengejutkan Tentang Alkitab

Beberapa Fakta Mengejutkan Tentang Alkitab. Alkitab adalah salah satu buku paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia. Ia menggali pertanyaan-pertanyaan besar tentang keberadaan kita. Ia mengilhami banyak orang untuk melakukan hal-hal hebat.
Fakta Alkitab
Gambar Ilustrasi dari Pixabay
Berikut ini adalah beberapa fakta mengejutkan tentang Alkitab yang wajib kita ketahui.

1. Penulis Alkitab


Alkitab ditulis oleh sekitar 40 orang dalam kurun waktu sekitar 1500 tahun. Latar belakang merekapun berbeda-beda, ada yang nelayan, gembala, nabi, imam juga pemungut cukai.

Namun demikian apa yang mereka tulis berada dalam Ilham Roh Kudus, sehingga ada kesatuan pesan dari masing-masing tulisan mereka.

2. Jumlah Kitab dalam Alkitab


Alkitab terdiri dari 66 buku atau kitab. Perjanjian Lama terdiri dari 39 kitab dan Perjanjian Baru terdiri dari 27 kitab. Jadi Alkitab adalah sebuah perpustakaan kecil.

3. Jumlah Pasal dan Ayat Dalam Alkitab


Alkitab terdiri dari 1.189 pasal. Perjanjian Lama terdiri dari 929 pasal dan Perjanjian Baru 260 pasal.

Terdiri dari 31.171 ayat dalam Alkitab Terjemahan Baru (TB). Perjanjian Lama; 23.214 ayat, Perjanjian Baru; 7.957 ayat.

Baca Juga:

4. Kitab Terpanjang dan Terpendek Dalam Alkitab.


Berdasarkan jumlah Pasal dalam Alkitab, maka Mazmur merupakan kitab Terpanjang yang terdiri dari 150 pasal.

Terdapat lima kitab yang hanya terdiri dari satu pasal. Kitab Obaja terdiri dari 21 ayat. Filemon 25 ayat, 2 Yohanes dan 3 Alkitab adalah salah satu buku paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia. Ia menggali pertanyaan-pertanyaan besar tentang keberadaan kita. Ia mengilhami banyak orang untuk melakukan hal-hal hebat. 28 ayat dan Yudas terdiri dari 25 ayat.

5. Pasal Terpanjang dan Terpendek Dalam Alkitab


Pasal Terpanjang dalam Alkitab adalah Mazmur 119 terdiri dari 150 ayat. Dan pasal terpendek Mazmur 117 terdiri 2 ayat.

6. Ayat Terpanjang dan Terpendek Dalam Alkitab


Ayat Terpanjang;
Ester 8:9 (TB) 
Pada waktu itu juga dipanggillah para panitera raja, dalam bulan yang ketiga — yakni bulan Siwan — pada tanggal dua puluh tiga, dan sesuai dengan segala yang diperintahkan Mordekhai ditulislah surat kepada orang Yahudi, dan kepada para wakil pemerintah, para bupati dan para pembesar daerah, dari India sampai ke Etiopia, seratus dua puluh tujuh daerah, kepada tiap-tiap daerah menurut tulisannya dan kepada tiap-tiap bangsa menurut bahasanya, dan juga kepada orang Yahudi menurut tulisan dan bahasanya. 

Ayat terpendek;
Keluaran 20:15 (TB) 
Jangan mencuri. 

7. Kitab Yang Tidak Memuat Kata Tuhan/Allah.


Jika mengacu pada Alkitab bahasa aslinya maka kitab Ester dan Kidung Agung tidak memuat kata Allah atau Tuhan. Namun jika mengacu pada Alkitab bahasa Indonesia Terjemahan Baru (TB) hanya kitab Ester yang tidak memuat kata Tuhan atau Allah.

8. Kitab Tertua Dalam Alkitab


Banyak ahli percaya bahwa kitab Ayub adalah kitab yang pertama ditulis meskipun tidak semua teolog sepakat dalam hal ini.

9. Penulis Alkitab yang Paling Produktif


Musa termasuk penulis Alkitab paling produktif. Ia menulis lima kitab; Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan dan Mazmur 90. Keseluruhan tulisan Musa memuat 125.000 kata.

Namun jika dilihat dari jumlah kitab, maka Rasul Paulus adalah penulis paling produktif, ia menulis 13 surat dalam Perjanjian Baru.

10. Bahasa Asli Alkitab


Alkitab ditulis dalam Ibrani, Aram dan Yunani.

Demikianlah beberapa fakta mengejutkan tentang Alkitab. Kiranya kita dapat semakin memahami Alkitab.