Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ayat Alkitab Tentang Kasih

Ayat Alkitab Tentang Kasih. Kasih adalah ciri khas dari kehidupan anak-anak Tuhan. Sebab Allah sendiri telah menunjukkan kasih Nya yang begitu besar bagi seisi dunia. Sehingga tidak ada alasan bagi anak-anak Nya untuk tidak hidup dalam kasih. 

Ayat Alkitab

Berikut ini ayat-ayat Alkitab tentang kasih yang akan menginspirasi kita untuk hidup dalam kasih.

TB Kel 34:6: "Berjalanlah TUHAN lewat dari depannya dan berseru: “TUHAN, TUHAN, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya,"
TB Bil 14:18-19: "TUHAN itu berpanjangan sabar dan kasih setia-Nya berlimpah-limpah, Ia mengampuni kesalahan dan pelanggaran, tetapi sekali-kali tidak membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, bahkan Ia membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat. Ampunilah kiranya kesalahan bangsa ini sesuai dengan kebesaran kasih setia-Mu, seperti Engkau telah mengampuni bangsa ini mulai dari Mesir sampai ke mari."
Karena kasih maka Allah mengampuni dosa dan pelanggaran umat Nya, Ia tidak memperhitungkan kesalahan kita.
TB Ul 10:18: "yang membela hak anak yatim dan janda dan menunjukkan kasih-Nya kepada orang asing dengan memberikan kepadanya makanan dan pakaian."
Allah sungguh menaruh kasih kepada mereka yang tidak berdaya bahkan Ia memberikan makanan dan pakaian yang menjadi kebutuhan pokok manusia.
TB Ul 10:19: "Sebab itu haruslah kamu menunjukkan kasihmu kepada orang asing, sebab kamu pun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir."
Sebagai anak-anak Tuhan kitapun harus menunjukkan kasih seperti yang Allah telah tunjukkan yaitu dengan berbuat kasih kepada mereka yang tidak mampu.
TB Mzm 25:10: "Segala jalan TUHAN adalah kasih setia dan kebenaran bagi orang yang berpegang pada perjanjian-Nya dan peringatan-peringatan-Nya."
TB Mzm 32:10: "Banyak kesakitan diderita orang fasik, tetapi orang percaya kepada TUHAN dikelilingi-Nya dengan kasih setia."
TB Mzm 89:34: "Tetapi kasih setia-Ku tidak akan Kujauhkan dari padanya dan Aku tidak akan berlaku curang dalam hal kesetiaan-Ku."
Kasih setia Tuhan begitu ajaib, tidak ada kecurangan sedikitpun pada Tahun.
TB Ams 3:3: "Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu,"
TB Ams 10:12: "Kebencian menimbulkan pertengkaran, tetapi kasih menutupi segala pelanggaran."
Miliki kasih sebagai karakter yang nampak disetiap kata dan perbuatan kita. Dengan kasih pelanggaran ditutupi.
TB Yes 30:18: "Sebab itu TUHAN menanti-nantikan saatnya hendak menunjukkan kasih-Nya kepada kamu; sebab itu Ia bangkit hendak menyayangi kamu. Sebab TUHAN adalah Allah yang adil; berbahagialah semua orang yang menanti-nantikan Dia!"
TB Yes 41:8: "Tetapi engkau, hai Israel, hamba-Ku, hai Yakub, yang telah Kupilih, keturunan Abraham, yang Kukasihi;"
TB Yes 54:7: "Hanya sesaat lamanya Aku meninggalkan engkau, tetapi karena kasih sayang yang besar Aku mengambil engkau kembali."
TB Yer 31:3: "Dari jauh TUHAN menampakkan diri kepadanya: Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu."

 Baca Juga: Ayat-ayat Firman Tuhan Untuk Motivasi Diri Disaat Sulit.

Tidak ada hal lebih meneguhkan dan menguatkan hati setiap orang selain mengetahui bahwa dirinya di cintai dan dikasihi. Tahukah kita bahwa Allah sungguh mengasihi kita dengan kasih yang kekal.
TB Yoh 3:16: "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal."
Allah telah lebih dahulu mengasihi kita itulah sebabnya kita harus mengasihi Allah dan juga mengasihi sesama.
TB Mrk 12:30: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu."
TB Luk 6:27: "“Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu;"
TB Luk 7:47: "Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih.”
TB Yoh 3:16: "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal."
TB Yoh 14:21: "Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya.”"
TB Rm 12:9: "Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik."
TB Rm 13:10: "Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat."
Kasih yang Tuhan ajarkan bukan hanya kepada orang yang mengasihi kita tetapi juga musuh kita harus kasihi bahkan berbuat baik kepadanya.
TB 1Kor 13:4-8: "Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi ia bersukacita karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap."
Demikianlah kiranya kita hidup dalam kasih yang tidak pura-pura tapi dalam kasih Allah yang sungguh.

Roh Kudus menolong dan memampukan kita untuk hidup dalam kasih.