Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Alkitab Itu

Apakah Alkitab Itu. Alkitab merupakan salah satu buku terlaris sepanjang sejarah dengan jumlah total penjualan lebih dari lima milyar copy.

Alkitab Gutenberg adalah buku pertama yang dicetak secara massal dan merupakan buku pertama yang dicetak dengan mesin cetak Bergerak.
Alkitab
Ilustrasi gambar Pixabay.com

1. Etimologi


Kata Alkitab dalam bahasa Inggris Bible berasal dari bahasa latin biblia dan bahasa Yunani βιβλίον - biblion (bentuk tunggal).

Kata Alkitab dalam bahasa Indonesia berasal dari frase "al-kitab" (bahasa Arab) yang secara harfiah berarti buku atau kitab. Kata Al dalam bahasa Indonesia selalu dituliskan dengan huruf kapital 'A' merupakan kata sandang khas dalam bahasa Arab.

2. Tinjauan Alkitab


Alkitab adalah perpustakaan kecil yang semua bukunya muncul dari sejarah orang Israel kuno. Juga sebagai bagian pusat dari apa yang Allah lakukan bagi seluruh umat manusia.

Penulis Alkitab ada banyak, mereka semua berbeda-beda kehidupannya, berbeda tujuan penulisan namun demikian Alkitab memiliki satu rencana besar yang sama yaitu keselamatan.

Baca Juga: 

Alkitab umat Kristen terdiri dari dua bagian besar yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.
Perjanjian Lama adalah kitab orang Yahudi yang dalam bahasa Ibrani disebut "Tanakh". Dimana "T" adalah singkatan dari Taurat, "N" adalah singkatan dari nevi'im yang berarti nabi-nabi, "K" adalah singkatan dari ketuvim yang berarti tulisan-tulisan.

Orang Yahudi percaya bahwa melalui karya sastra ini Allah berbicara kepada umat Nya.

Bagian kedua dari Alkitab Kristen adalah Perjanjian Baru yang terdiri dari 27 kitab yang berbeda. Semua kitab ini ditulis pada seratus tahun pertama Masehi.

Sebagaimana halnya Perjanjian Lama, kitab-kitab tersebut ditulis oleh orang yang berbeda-beda dalam lingkungan yang berbeda dan untuk tujuan yang berbeda.

Secara garis besar Alkitab berisi tentang karya penyelamatan yang dilakukan didalam Kristus meskipun Perjanjian Lama tidak berbicara mengenai Yesus seperti Injil (biografi Yesus) tetapi fokus dari Perjanjian Lama adalah mengenai kedatangan Mesias atau Kristus dimasa yang akan datang. Harapan mengenai Mesias itu telah ada sejak janji mengenai "keturunan perempuan" yang dicatat dalam Kejadian 3:15. Yang oleh Bapa Gereja Irenaeus menyebut sebagai protoeuanggelion yang berarti Injil yang pertama.


Referensi:
1. Alkitab, Wikipedia
2. Buku Pintar Alkitab, Betlehem Publisher, 2010. Hlm 2-3. ISBN 979-3086-55-6
3. bagaimana membaca Alkitab, Alkitab Sabda.org
5. Tanakh, Wikipedia
6. Protoeuanggelion, sarapanpagi.org