Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikanlah Pekerjaan Allah

Oleh: Pdt. Yohanes Abe Moniaga, S.Th
Nats: Pengkhotbah 7:13a
Pekerjaan Allah, Yohanes Abe Moniaga
Perhatikanlah Pekerjaan Allah. Perhatikan berasal dari kata dasar "hati". Memperhatikan pekerjaan Allah berarti memiliki hati yang melekat atau terpikat pada pekerjaan Tuhan.

Sebab ada konsekuensi yang pasti ketika kita tidak memperhatikan pekerjaan Tuhan, Yeremia 48:10.

Bagaimana memiliki hati yang melekat dalam pelayanan?

Pelayanan adalah kemurahan Allah. 2Korintus 4:1. Oleh karena itu kita harus melayani sesuai dengan cara yang berkenan kepada Allah yaitu:

 Menolak segala perbuatan-perbuatan yang tersembunyi yang memalukan. Menyatakan kebenaran, tidak berlaku licik, rela dikoreksi, dinasihati demi kebaikan dalam pelayanan. 2Korintus 4:2.

Seorang pelayan harus memahami siapa yang menjadi objek dari pelayanan. Objek pelayanan adalah jiwa-jiwa dan dari sana akan ada dua kelompok objek pendengar yaitu yang mendengar dan percaya, dan yang mendengar namun tidak percaya karena pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman (iblis). 2Korintus 4:3.

Sebagai seorang pelayan kita juga harus memiliki Berita dalam pelayanan. Berita dalam pelayanan adalah berita yang jelas bahwa Yesus adalah Tuhan. 2Korintus 4:5. Berita tentang Yesus inilah yang akan menghasilkan buah pelayanan. 

2Korintus 4:6: "Sebab Allah yang telah berfirman: “Dari dalam gelap akan terbit terang!”, Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus."

 Walaupun ada kabut hitam dalam pelayanan namun gereja pasti akan bangkit penuh kemuliaan Allah. Gereja yang Kudus dan gereja yang sempurna akan mengalami penyingkiran ke padang gurun untuk menghindarkan gereja dari Antikrist.