Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengumpulkan Harta Di Sorga

Mengumpulkan Harta Di Sorga. Jangan mengumpulkan harta di bumi ini. Tuhan Yesus berbicara mengenai hal mengumpulkan harta. Mat 6:19-24.

Harta di sorga

Dalam perikop tersebut ada tiga hal pokok yang Yesus ajarkan berkaitan dengan harta duniawi dan Dia menegaskan kepada semua pengikut-Nya: Pertama; Jangan mengumpulkan harta di bumi. Kedua; milikilah "mata" yang baik. Ketiga; tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan, jadi setiap orang harus menentukan siapa tuannya.

Dari ketiga hal pokok yang Yesus ajarkan diatas Dia mau supaya setiap pengikut-Nya memiliki sikap yang benar terhadap harta.

1. Jangan mengumpulkan harta di bumi, tetapi kumpulkanlah harta di sorga.

Yesus menjelaskan mengapa para pengikut-Nya tidak boleh mengumpulkan harta di bumi tetapi kumpulkanlah harta di sorga.

Mengumpulkan harta dibumi dapat dirusakan oleh ngengat dan karat bahkan dapat dibongkar oleh pencuri. Matius 6:19.

Sedangkan mengumpulkan harta disorga pasti aman karena tidak dapat dirusak oleh ngengat dan karat juga tidak dapat dibongkar oleh pencuri. Ayt 20.

Bagaimana cara kita mengumpulkan harta disorga?

1.1. Hati kita jangan melekat kepada harta atau uang.

Daud dalam Mazmur 62:11. Mengingatkan kita semua agar hati kita jangan melekat kepada harta. Hati yang melekat dengan uang membuat seseorang mudah jatuh kedalam dosa, karena akar segala kejahatan adalah cinta uang. 1Tim 6:10. Orang yang melekat pada uang, sukacitanya bergantung pada uang dan hal itu sebenarnya sebuah penyangkalan terhadap Allah. Ayb 31:25-28.

Yang benar ialah hati kita harus sepenuhnya melekat kepada Allah, sebab kekuatan dan kuasa berasal dari Allah, kekayaan dan kemuliaan juga berasal dari Dia. 1Taw 29:12.

Jikalau hati kita sudah tidak melekat pada uang maka prioritas kita dengan uang akan bergeser dari menggunakan uang untuk kesenangan diri sendiri kepada bagaimana menggunakan uang untuk menyenangkan Allah. 

1.2. Gunakan harta kita untuk berbagi kasih.

Berbagi ukurannya bukan soal besar atau kecilnya, tetapi soal motifasi dan kerelaan. Luk 12:33-34. Dengan berbagi kepada yang membutuhkan kita sedang mengumpulkan harta di sorga, bd. Ams 19:17

Dengan menunjukkan kasih kepada yang lemah kita sedang memiutangi Tuhan dan Tuhan akan melunasinya dalam kekekalan dan menjadi harta kita yang kekal disorga.

Contoh ayat orang yang menggunakan harta untuk membuat pundi-pundi disorga: Lukas 19:8-9, Kis 9:36, Kis 10:2, Luk 7:5.

1.3. Jangan menjadi tamak dengan harta yang ada.

Tamak bisa berarti serakah dan indikasinya adalah kikir atau pelit. Sehingga firman Allah berkata orang kikir tidak masuk sorga. 1Kor 6:10. 

Orang tamak hanya berpikir menimbun harta sebanyak-banyaknya untuk diri sendir dan Yesus memberi peringatan keras akan hal itu; Luk 12:15-21.

Jikalau kita tidak kaya dihadapan Allah maka kita akan kehilangan semuanya. Itulah sebabnya ingatlah selalu untuk kita mengumpulkan harta di sorga.

2. Makna dari sebuah idiom memiliki mata yang baik.