Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makna Dari Sebuah Idiom Mata Yang Baik.

Makna Dari Sebuah Idiom Mata Yang Baik. Dalam Matius 6:22, Yesus bicara soal mata yang baik dan mata yang jahat. Jika mata mu baik teranglah seluruh tubuhmu. Ungkapan "mata baik" disini kata yang digunakan bukanlah kalos: baik, menyenangkan tetapi haplous: single, simple. Jadi secara literal ungkapan Yesus diatas adalah Jika matamu tunggal, seluruh tubuhmu penuh terang.

Mata yang baik, mata pelita tubuh

Sesungguhnya istilah tentang "ketunggalan" adalah sebuah istilah yang umum pada waktu itu. Didalam Perjanjian Baru gagasan tentang "ketunggalan" adalah sebuah idiom yang mengandung arti "tulus", atau "tidak terbagi". 2Kor 11:3; Efesus 6:5; Kolose 3:22.

Mengutip dari kitab pseudepigrapha adalah tulisan Yahudi dari 200 SM sampai 200 M yang tidak kanonik namun kita bisa belajar bagaimana ekspresi budaya dan pemahaman keagamaan pada waktu itu.

Dikatakan demikian;

"Aku tidak pernah memfitnah siapa pun, aku juga tidak mencela kehidupan siapa pun, berjalan seperti yang kulakukan dengan satu mata” (3:4)...Tidak ada kecemburuan dalam pikirannya, juga [tidak] khawatir dengan keinginan yang tak terpuaskan dalam pikirannya. Karena ia berjalan dalam kelajangan dan memandangi segala sesuatu dengan tulus hati ..."

Dari kutipan diatas kita mendapatkan sebuah wawasan tentang "mata tunggal" yaitu kehidupan yang dijalani dengan ketulusan dan bebas dari kecemburuan mengenai uang. Hal ini juga mengenai menjauhkan diri dari sifat tamak dan serakah akan uang. 

Itulah sebabnya Yesus bicara soal mengumpulkan harta di sorga dengan cara bersedekah kepada orang-orang miskin.

Lukas 12:33 

Juallah segala milikmu dan berikanlah sedekah! Buatlah bagimu pundi-pundi yang tidak dapat menjadi tua, suatu harta di sorga yang tidak akan habis, yang tidak dapat didekati pencuri dan yang tidak dirusakkan ngengat.

Jadi memiliki mata tunggal adalah memiliki integritas, tulus, tidak tamak dalam menjalankan keuangan yang ada, tapi memanfaatkan semua itu untuk memuliakan Allah dengan memiliki sikap yang benar mengenai uang dan kekayaan sehingga kita terhindar dari penghambaan kepada mamon. 

Referensi:

Having a single eye:https://engediresourcecenter.com/

"If Your Eye Be Single” by Steven Notley. www.jerusalemperspective.com.