Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Iman dalam Alkitab

 Arti iman dalam Alkitab. Iman merupakan pokok bahasan yang sangat sentral dalam iman Kristen sebab keselamatan dalam kekristenan tidak bisa lepas dari iman.

Itulah sebabnya penting untuk kita memahami arti iman itu secara benar.

Mari kita menyelami dan menyelidiki apa arti dari iman itu.

Arti Iman

1. Arti Iman menurut kamus.

Iman adalah kata benda sedang bentuk kata kerjanya adalah beriman.

 Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Iman adalah:

 a. kepercayaan (yang berkenaan dengan agama); keyakinan dan kepercayaan kepada Allah, nabi, kitab, dsb: iman tidak akan bertentangan dengan ilmu.

b. ketetapan hati; keteguhan batin; keseimbangan batin.

Menurut Kamus Browning iman adalah kepercayaan, terutama kepada reliabilitas Allah.

2. Arti Iman dalam Alkitab

Untuk mengerti arti iman dalam Alkitab kita harus melihat teks bahasa asli Alkitab.

Kata benda iman dalam bahasa Ibrani selaras dengan kata אֱמוּנָה:emunah. Kata tersebut memiliki arti literal ketegasan, ketabahan dan kesetiaan.

Contoh ayatnya terdapat dalam (Kel 17:12)

Keluaran 17:12 (TB)  Maka penatlah tangan Musa, sebab itu mereka mengambil sebuah batu, diletakkanlah di bawahnya, supaya ia duduk di atasnya; Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya, seorang di sisi yang satu, seorang di sisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam. 

Kata "tidak bergerak" pada ayat diatas adalah terjemahan dari kata "emunah". Dalam KJV diterjemahkan dengan kata steady yang berarti mantap, tetap atau kukuh.

Baca Juga:

Sampai disini kita dapat menyimpulkan bahwa iman berarti keteguhan atau kesetiaan terhadap (objek yang kita imani) dalam hal ini tentunya adalah TUHAN.

Kata iman jika dilihat dari baha Yunani dipakai kata πίστις: pistis (kata benda) yang berarti keyakinan akan kebenaran, didalam Perjanjian Baru biasanya adalah keyakinan yang berhubungan dengan Tuhan dan hal-hal yang ilahi. Bentuk kata kerjanya adalah "pisteuo" artinya mempercayai.

Pistis yaitu keyakinan bahwa Tuhan ada dan pencipta dan penguasa segala sesuatu, penyedia dan pemberi keselamatan kekal melalui Kristus.

Juga bisa berarti keyakinan yang kuat dan percaya bahwa Yesus adalah Mesias, yang melaluinya kita memperoleh keselamatan kekal dalam kerajaan Allah.

Contoh ayatnya terdapat dalam (Ibr 11:1)

TB Iman (pistis) adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

2 Korintus 5:7:

TB --sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya (pistis), bukan karena melihat.

Itulah arti iman menurut Alkitab kiranya iman kita semakin teguh dalam segala keadaan dan tak tergoncangkan oleh apapun.

Untuk studi lebih lanjut silahkan kunjungi: Sarapan Pagi Biblika (IMAN DAN PERCAYA) dan juga Wikipedia-Iman.