Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Dasar Iman Kristen secara lengkap

 Iman sangat besar sekali manfaatnya. Dengan iman yang kuat bisa membantu kita manusia yang tidak sempurna untuk bisa tetap kuat saat menghadapi keadaan atau masalah yang terjadi sekarang. Iman sendiri menjadi dasar dan bukti untuk sesuatu yang tidak bisa kita lihat secara jasmani melainkan melibatkan hati dan pikiran kita. Ada beberapa hal yang menjadi dasar akan iman kristen. 

Sebenarnya iman kristen sendiri secara sederhana mengartikan kepercayaan atau iman pada Allah dan Yesus Kristus. Iman ini perlu dimiliki oleh orang kristen untuk bisa memupuk buah buah roh yang sangat penting untuk Murid Kristus. 

Nah, pada artikel ini kita akan mengenal dasar iman kristen secara lengkap. Silahkan disimak.

1. Percaya kepada Allah 

Dasar iman Kristen yang pertama adalah percaya kepada Allah dan Yesus Kristus sebagai Raja kita sebagaimana yang disebutkan di ayat Yohanes 17:3. Kita bisa semakin mengasihi Allah karena tahu bahwa Allah lah yang terlebih dahulu mengasihi kita. Dia mengutus Yesus Kristus ke Bumi sebagai tebusan bagi dosa dosa umat manusia sehingga kita bisa kembali bersahabat dengan Allah dan memperoleh harapan kehidupan abadi.

Baca juga: Bukti Alkitab adalah firman Tuhan

2. Membaca Alkitab dan merenungkannya

Alkitab adalah buku dari Allah yang sangat penting. Melalui Alkitab kita bisa belajar banyak hal tentang Allah. Meskipun Alkitab ditulis oleh manusia, kita dapat percaya isinya berasal dari Allah sesuai dengan ayat yang disebutkan yakni 2 Tim 3:16. Alkitab tidak hanya mencatat berbagai peristiwa dari hamba hamba Allah jaman dulu, tetapi juga bermanfaat untuk mengajar kita sekarang karena pencipta kita mengerti pikiran dan perasaan kita.

3. Pemahaman yang baik tentang kehidupan berdasarkan Firman Allah

Pandangan Alkitab dengan pandangan manusia pada umumnya sangat jauh berbeda. Apalagi di jaman sekarang ini, banyak orang telah menyimpang dari ajaran Alkitab. Mulai dari tidak adanya kasih, tamak, suka kekerasan, tidak pengendalian diri dan lain lain. Ada banyak pula doktrin atau pendapat tentang kehidupan yang bertolak belakang dengan pemahaman alkitab.

Oleh sebab itu, Ajaran Kristen berdasarkan alkitab dan tidak tercampur dengan tradisi atau anggapan manusia yang seringkali keliru. Dalam Alkitab kita bisa menemukan jawaban atas pertanyaan penting seperti mengapa manusia menderita? Mengapa manusia akhirnya tua dan mati? Sampai dengan fenomena fenomena yang terjadi dalam masyarakat.

4. Berita Kabar Baik

Dahulu sebelum Yesus Kristus menyerahkan dirinya untuk kepentingan kita semua, manusia hidup tanpa adanya harapan. Namun, setelah adanya karunia tebusan kita memiliki kesempatan kembali untuk mendekat kepada Allah dan memperoleh pengampunannya. Allah sangat mengasihi kita, melalui Alkitab disebutkan banyak janji Allah dan harapan di masa depan yang sangat indah.

Berita kabar baik ini tentu bisa mendatangkan sukacita dan kebahagiaan untuk kita maupun orang lain. Dengan harapan ini membuat iman kita bisa semakin tumbuh dan berakar bahwa Allah adalah Kasih dan Ia akan selalui siap menyertai umatNya.

Inilah uraian informasi selengkapnya yang membahas tentang apa saja yang menjadi dasar dasar iman Kristen yang wajib kita ketahui. Hal ini penting supaya kita bisa paham mengenai iman kristen itu sendiri termasuk bagaimana cara kita menjalankan perintah perintah Allah yang dicatat di dalam Alkitab. Ada banyak teladan dan contoh hamba hamba Allah dalam Alkitab yang juga bisa semakin memperkuat iman kita. Semoga bermanfaat.