Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bukti Alkitab Adalah Firman Allah Yang Dapat Dipercaya

Alkitab adalah Buku yang sangat berharga bagi kehidupan manusia. Isinya menyingkapkan hal hal yang tidak diberitahukan oleh buku lainnya. Misalnya bercerita tentang awal mula kehidupan di bumi, alasan mengapa kita tua dan mati serta yang terpenting caranya bisa mendekat kepada Allah. Ada banyak bukti yang bisa memperlihatkan bahwa alkitab adalah Firman Allah yang dapat dipercaya.

Dasar iman Kristen dilandasi oleh beberapa hal. Salah satunya adalah percaya bahwa Alkitab adalah pedoman hidup kita baik dulu sampai sekarang. Pada artikel ini kita akan melihat apa saja yang membuktikan bahwa Alkitab adalah buku yang akurat dalam segala hal mulai dari selaras dengan ilmu pengetahuan, sejarah, kesehatan dan nubuat yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi. Mari simak;

Baca juga: Mengenal Dasar Iman Kristen secara lengkap

1. Selaras dengan Ilmu Pengetahuan Modern

Alkitab bukanlah buku Ilmu Pengetahuan, tapi tahukah Anda keterangan di dalamnya bahkan lebih maju daripada zamannya. Bagaimana bisa? Ini karena alkitab sudah mengungkapkan berbagai hal terkait pengetahuan yang belum diketahui para peneliti. Sebagai contohnya, pada zaman dulu ada yang mengira bumi itu datar atau bergantung pada sesuatu. 

Pada abad kelima para ilmuwan Yunani baru menemukan bahwa bumi itu berbentuk bulat dan bergantung pada kekosongan. Jauh sebelum itu, sebenarnya alkitab sudah menuliskannya. Ayat tersebut Anda bisa lihat di Yesaya 40:22 yang menyebutkan bahwa ada “bulatan bumi” dan dan Ayub 26:7 yang memberitahu bahwa Allah “Menggantung Bumi pada kekosongan”.

2. Selaras dengan Ilmu Kedokteran

Nah, selain selaras dan akurat dari segi ilmu pengetahuan menariknya Alkitab juga akurat jika berbicara soal ilmu kedokteran. Salah satu dari banyak contoh misalnya di Imamat 13 dan 14 Hukum Musa menyebutkan kalau seorang penderita kusta harus dijauhkan dari orang lain. Nah, setelah ada wabah penyakit yang terjadi di Abad Pertengahan, barulah dokter menerapkan prinsip ini. Prinsip ini pun kita yakini sangat bermanfaat sekarang.

3. Selaras dengan Ilmu Sejarah

Di dalam alkitab ada banyak sejarah dan nubuat yang berbicara tentan tujuh kuasa dunia yakni Babilonia, Mesir, Asiria, Yunani, Inggris-Amerika, Media-Persia dan Roma. Nah, Mesir ini merupakan yang terkenal dengan Sungai Nil dan Piramidanya. Disanalah disebutkan sebagai tempat naungan bagi bangsa Israel sekaligus tempat kelahiran penulis kelima dalam buku pertama Alkitab yakni Musa.

4. Nubuat Alkitab yang tergenap

Sebenarnya sudah banyak nubuat di dalam Alkitab yang telah menjadi kenyataan. Mari kita bahas salah satunya. Melalui Nabi Yesaya, Allah memberikan nubuatan bahwa Kota Babilon akan segera dihancurkan dengan keterangan yang terperinci bahwa pemimpinnya adalah Raja Kores. Bagaimana nubuat ini bisa tergenap? Sekitar 200 tahun berlalu setelah nubuat itu, Babilon benar benar hancur oleh Pasukan Persia. 

Kini sesuai nubuatan di Yesaya 13:20 bahwa Kota Babilon tidak akan pernah dihuni, sampai sekarang tempat tersebut tidak ada yang tinggal dan yang ada hanya reruntuhan. Dari nubuatan alkitab yang tergenap kita pun bisa yakin dan percaya bahwa kata kata Alkitab adalah perkataan Allah yang akan selalu ditepati.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang alasan dan bukti yang bisa memperkuat keyakinan dan iman kita akan Alkitab sebagai buku hadiah dari Allah untuk manusia. Dengan membaca dan mempelajari Kitab Suci setiap hari, iman dan harapan kita akan semakin besar karena melihat kuasa dan kasih Allah untuk umatNya, Manusia. Semoga bermanfaat.